'disini untuk koding ga bisa di copy display:block; -webkit-user-select:none; -moz-user-select:none; -khtml-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none; unselectable:on;

.

Pulsa Murah

Balada Golongan Darah : Pembukaan

sumber:wikipedia

Hallo.... ketemu lagi dengan "Syams-X" (dan Saya). Kali ini mau sedikit cerita-cerita tentang golongan darah, nih.

Sudah banyak yang menulis (aslinya, sih, diketik!) tentang golongan darah. Entah kesurupan apa, tapi bermula dari lihat dua anak SD yang sedang makan garpu. Maaf, bohong! Yang betul : Lihat dua anak SD yang sedang ngobrol saling tanya golongan darah. Tiba-tiba, ingin nulis tentang golongan darah versi sendiri. (Kalau ente yang nulis, versinya menjadi ga jelas!)

Semoga yang baca tidak bosan,ya. Soalnya udah banyak pake binggit selangit yang nulis GolDar. (Pasti pada bosan! Bukan sama tulisannya tapi sama yang nulisnya hahaha...)

Ada yang tahu golongan darah? Kalau ga tahu, terlaluuuu.... Berarti anda bukan berasal dari planet kami. Iya, kamu. Itu, kamu yang dari tadi celingak...celinguk dengan muka hijau. Tolong kembali ke Namex atau Klingon sebelum saya panggil Ultraman (Jangan-jangan! Aku ahahaha).

Menurut si wikipedia :
Golongan darah adalah ilmu pengklasifikasian darah dari suatu kelompok berdasarkan ada atau tidak adanya zat antigen warisan pada permukaan membran sel darah merah.

Mau tauh bagaimanah golonganh darah orangh tuah menurunh samah anaknyah? (Hahaha... menjijikan banget gaya nulisnya! Ente alay, Syams?!). Ini dia gambaran tabel dan sedikit penjelasannya :


Sedikit penjelasan Tabel di atas : 
 
Jika O dan O menikah : anaknya akan memiliki golongan darah O.
Jika O dan A menikah :  anaknya akan memiliki golongan darah O atau A.
Jika O dan B menikah : anaknya akan memiliki golongan darah O atau B.

Jika O dan AB menikah : anaknya akan memiliki golongan darah A atau B. 
Jika Ujang dan Eneng menikah : anaknya saya ga tahu,tuh. Tanya aja ke mereka,ya. 
(Hahaha...koplak!)

Gimana? Sudah bingung, kan? Bagusss, itu artinya kamu berpikir heehehe.

Sama kayak manusia yang punya golongan, darah juga sama. Segala hal di dunia ini harus beragam agar menjadi pelajaran dan keseruan (Sok, bijak, hehe). Rumput aja banyak jenisnya, masa golongan darah, enggak.

Walau terlihat damai, tapi terkadang ada juga konfrontasi antar golongan darah! (Hahaha..., orang gila! Masa ada konfrontasi golongan darah?!) Perasaan ada yang ketawain saya, ya. Hmm..., mungkin semilir angin busuk haha.... (Arrgghh... andai bisa keluar dari kurungan ini!)

Lanjut, lagi. Jika teman-teman belum ada yang pernah melihat konfrontasi golongan darah, kunjungilah saudara atau tetangga yang baru melahirkan. Syaratnya, orangtuanya harus berbeda golongan darah. Tapi semoga tidak ada yang konfrontasi, ya. Kasihan bayinya.

(Gagal mengerti?!)

Ini asli dari pengalaman melihat bayi sodara. Ketika beberapa hari terlahir ke dunia, sang bayi imut nan manis, sakit. Padahal bapaknya yang ga ada manis-manisnya, sehat (Apaan?!). Badannya agak membiru gitu, walau dari segi pewarnaan kayanya hijau,sih. Orangtuanya sangat panik dan akhirnya tertidur. Bohong, lah. Masa anak sakit malah tiduran!

Akhirnya dibawa ke dokter. Ternyata, kata Dokter tubuh sang bayi sedang memilih golong darah mana yang akan menang untuk menjadi golongan darahnya kelak. Apakah goldar sang Ibu, atau sang Bapak (Perang Goldar! Kasihan si bayi). Beberapa hari kemudian, sang bayi sehat lagi dan warna tubuhnya kembali normal, artinya golongan darahnya sudah ditentukan.(Kaya pemilihan murid di sekolah Harry Poter, aja)

Jika digambarkan, 2 golongan darah yang berbeda lagi kampanye. Setelah pawai di jalanan alirah darah, mereka melakukan debat CaGoldar selama satu minggu. Akhirnya, tubuh memilih salah satu, dan yang satu terpaksa pergi nyari tempat di tubuh lain.

Kejadian seperti di atas sangat jarang terjadi. Jika kamu calon ayah dan mendapati kasus seperti itu ketika bayinya lahir beberapa hari, bawalah ke dokter agar tubuh sang bayi terjaga dan terawat selama proses konfrontasi. Jika kamu jomblo. Udah diem aja, biar ga ganggu (Yang nulis menghujat diri sendiri, kayanya pengalaman dimarahin orang, hahaha...).
 
***

Ada empat golongan darah utama yang di ketahui saat ini, yaitu A, B, AB, dan O. Untuk golongan darah ningrat tidak termasuk, apalagi darah biru, karena cuma ada di alien shooter.

Sebenarnya, sempat ditemukan golongan darah C, D, E, F, G, dan H pada tahun 1905 tetapi cuma di mimpi saya, haha.... (GRRR.... Guk...guk...guk! Belum pernah digigit ni orang! Lagi seriu-seriusnya!). Tapi, bener, kok, ada golongan darah lain selain yang sudah kita kenal saat ini, contohnya : golongan darah M, N dan MN yang katanya berguna untuk tes kesuburan. Masih ada yang lain lagi, tapi ga perlu di bahas ,ya. Bingung! (Otaknya, pas-pasan, sih, haha...)

Tau ga, siapa orang yang menemukan cara menggolongkan darah ABO? (Hati-hati! Takut bohong lagi ni orang) Dia adalah seorang Ilmuwan Austria, Karl Landsteiner. Kemudian Jan Janskýdi pada tahun 1907 mengklasifikasikan darah manusia ke dalam empat grup yang kita kenal saat ini, yaitu A, B, AB, dan O. Lumayan, kan, sedikit pengetahuan.

Sebenarnya, sih, masih banyak yang pengen dibagi, tetapi segitu aja cukup untuk pengetahuan teman-teman mengenai Goldar (Teman? Ente aja sama alien!). Kalau kebanyakan ilmu biologi, takut pada kabur hehe.

Ini cuma sebagai pembuka saja untuk menuju balada golongan darah Big Four : A, B, AB dan O, yang sekarang masih diketik. Agar semua bisa lebih mengenal sifat atau ciri-ciri mereka (Awas, bohong! Ditunggu tulisannya,nih )


Baca, ya :

Balada Golongan Darah : Katanya, Golongan Darah A

Quote : 
Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Kalau diam terus, lama-lama jadi penyakit!

By: Syams-X

0 komentar: